April 8, 2017

Profil Ma’had Tamaamul Minnah Karawang

بِـــــسْــمِ اللهِ الرَّحْمَــنِ الرَّحِـــيْمِ

  • PENDAHULUAN.

               Segala puji milik Alloh Ta’aala, Sholawat dan salam semoga terlimpah kepada Rosululloh shollallohu’alaihi wa sallam, keluarga, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

               Dalam rangka menunaikan salah satu kewajiban agama yang sangat mulia ini, yaitu berdakwah di jalan Alloh Ta’aala. Yayasan Mirotsul Anbiya Karawang berupaya untuk mewujudkan suatu Lembaga Pendidikan dalam rangka sebagai salah satu sarana untuk berdakwah di jalan Alloh Ta’aala, karena melihat akan pentingnya suatu lembaga pendidikan berupa Ma’had (pondok Pesantren) yang sangat dibutuhkan oleh kaum muslimin guna mempersiapkan generasi penerus yang tangguh.

              Selain itu juga, pendirian Ma’had ini di dasari karena kesadaran umat Islam di wilayah Kabupaten Karawang untuk mempelajari agamanya semakin pesat berkembang sehingga kebutuhan umat akan ilmu agama sangat mendesak untuk segera dipenuhi. Dari sini kami mengharapkan akan terwujudnya masyarakat Islam yang mempunyai kesadaran dan kesungguhan yang kuat untuk mempelajari agamanya dan mengamalkan ilmu tersebut dalam kehidupannya serta mendakwahkannya secara meluas.

  • LATAR BELAKANG.

              Melihat kebutuhan masyarakat Islam terhadap ilmu agamanya, dan melihat generasi anak-anak dan generasi muda kaum muslimin yang sangat mendesak untuk di dekatkan kepada nilai-nilai keagamaan, serta pentingnya tentang adanya lembaga pendidikan berupa Ma’had (Pondok Pesantren) di wilayah Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang maka semua itu adalah perkara-perkara yang melatarbelakangi berdirinya Ma’had Tamaamul Minnah ini.

  • PROGRAM PENDIDIKAN.

Ma’had Tamaamul Minnah memiliki program sebagaimana berikut :

  1. Program Pendidikan yang telah berjalan :
    1. Program Madrasah Tahfizhul Qur’an Lil-Banin wal Banat yaitu anak usia 6 tahun ke atas, dan program ini telah berjalan sejak tahun                        .
    2. Program Pendidikan usia 13-15 tahun berupa
    3. Program Pendidikan Tahfidz Lin Nisa.
  2. Program Perencanaan.
    1. Program Tarbiyatud-Du’at (Pendidikan dai)
    2. Program Tarbiyatun-Nisaa’ (Pendidikan khusus wanita)
    3. Program I’dad Lughowy (persiapan bahasa) dan selainnya.
  • MAKSUD DAN TUJUAN

                Maksud dan tujuan didirikannya Lembaga Pendidikan Ma’had Tamaamul Minnah ini adalah sebagaimana berikut :

  1. Dalam rangka ibadah kepada Alloh ‘Azza Wa Jalla semata.
  2. Upaya ikut serta dalam rangka untuk mewujudkan cita-cita luhur program pendidikan nasional yaitu dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.
  3. Untuk menfasilitasi masyarakat secara umum dalam mendekatkan ilmu dan nilai-nilai  agama islam kepada mereka.
  4. Upaya mencetak generasi muslim yang memiliki komitmen kuat dalam mempelajari ilmu agama dan dalam mengamalkan ilmu agamanya.
  5. Dan maksud serta tujuan lain dari tujuan-tujuan yang mulia dan yang diridzoi Alloh Ta’aala.
  • KEGIATAN.

               Kegiatan Ma’had Tamaamul Minnah adalah kegiatan pendidikan dan kegiatan belajar mengajar yang terangkum pada jadwal harian Ma’had (Jadwal terlampir).

               Adapun kegiatan lainya yang berhubungan dengan dakwah dan hubungan masyarakat sekitar, yaitu berusaha mengadakan jalinan kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat untuk menjalin hubungan masyarakat dengan baik, seperti Ta’lim (pengajian), tabligh akbar, kegiatan sosial dan selainnya.

 

  • SISTEM, TIPE  DAN METODE  PEMBELAJARAN

            Sistem Pembelajaran yang diterapkan adalah santri menginap di pondok, pulang pergi (full day) dan liburan tiap hari Kamis dan Jum’at dalam 1 pekan. Atau di hari-hari lain yang diatur oleh pengurus dan ustadz pengajar. Ma’had Tamaamul Minnah mencontoh metode Salaful sholeh (Rasulullullah dan para shahabatnya serta orang-orang yang mengikuti ajaran beliau dengan baik dan benar ) dalam melakukan pembelajaran terhadap para santri. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan adalah penekanan pada  kemampuan hafalan Al Qur’an dan Al Hadits ditunjang dengan materi pelajaran pendukung lainnya meliputi :

  1. Materi Pelajaran Akidah
  2. Materi Pelajaran Fiqih
  3. Materi Pelajaran Siroh
  4. Materi Pelajaran Adab dan Akhlaq
  5. Materi Pelajaran Bahasa Arab
  6. Materi Pelajaran Tajwid
  7. Materi Pelajaran Bahasa Indonesia
  8. Materi Pelajaran Matematika
  9. Materi Pelajaran Pengetahuan Umum lainnya

 

Sistem pembelajaran yang dilakukan dengan menerapkan sistem klasikal untuk setiap ustadz   mengajar pada setiap kelas. Untuk materi Al qur’an dan hadits ditekankan pada kemampuan hafalan dan kemutkinan ( kemantapan hafalannya ). Penilaian kemampuan hafalan anak dilakukan dengan metode setoran / sorogan setiap selesai menambah hafalan dan diadakan ujian secara berkala, sedangkan untuk materi diniyah  dan pelajaran umum ditekankan pada kemampuan pemahaman dan penerapan sehari-hari. Penilaian kemampuan anak dalam bidang diniyah dan pelajaran umum dilakukan dengan mengadakan ujian secara lisan maupun tertulis.

PENDANAAN

               Pendanaan Ma’had Tamaamul Minnah Karawang ini adalah  dari iuran bulanan wali santri dan dana  bantuan tidak tetap dari para donatur.